#Rev (GearShark Book 2)

#Rev (GearShark Book 2)

Ujian Nasional oksigen yang dihirup oleh manusia akan digunakan dalam proses metabolisme untuk menghasilkan energi yaitu proses

oksigen yang dihirup oleh manusia akan digunakan dalam proses metabolisme untuk menghasilkan energi yaitu proses

Dalam proses manusia bernapas terjadi peristiwa pengambilan oksigen dan pengeluaran karbon dioksiga. Oksigen yang dihirup digunakan dalam proses metabolisme untuk menghasilkan energi pada proses siklus Kerbs.

Pembahasan

Pernafasan atau respirasi adalah diawali dengn pengambilan oksigen, pengeluaran karbon dioksidan dan karbohidrat sampai dengan penggunaan energi di dalam tubuh. Tujuan dari proses pernafasan ini adalah memperoleh energi. Sistem pernapasan manusia terdiri dari hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan alveolus (paru-paru).

Energi yang dihasilkan dari proses pernapasan digunakan untuk membentuk molekul berenergi yaitu ATP (Adenosin Tri Phospate). Kemudian molekul ATP ini akan disimpan di dalam sel dan merupakan sumber energi utama untuk melakukan aktivitas tubuh.  ATP berasal dari perombakan senyawa organik seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Proses respirasi sel dari bahan glukosa secara garis besar, meliputi tiga tahapan, yaitu proses glikosis, siklus Krebs, dan transfer elektron. Pada siklus Krebs membutuhkan gas oksigen agar molekul NADH yang dapat teroksidasi menjadi NAD+ sehingga menghasilkan energi dalam bentuk ATP.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang proses respirasi sel pada https://brainly.co.id/tugas/1298969

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

[answer.2.content]